Kerekayasaan PLTP 3MW Kamojang “Alive and Kicking”

 

Sebagai upaya lanjutan kegiatan kerekayasaan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) 3MW di plant Geothermal Kamojang, tim perekayasa B2TKE BPPT saat ini sedang melakukan kegiatan optimasi sinkronisasi listrik ke jaringan tegangan menengah 20 kV. Beberapa kendala yang sebelumnya menyebabkan ‘trip’ pada peralatan steam turbine akibat system pendingin lube oil telah dapat diatasi. Perubahan design lube oil cooleryang semula dari jenis air cooler menjadi water cooled heat exchanger memberikan kestabilan sistem lubrikasi yang lebih handal.

Tahap berikutnya adalah melakukan trouble-shooting atas ketidakstabilan sinkronisasi dengan jaringan PLN. Telah teridentifikasi berbagai kemungkinan penyebab kendala sinkronisasi ini termasuk penyetingan ulang pada governor valve dan identifikasi kualitas uap dari sumur. Untuk itu, keterlibatan berbagai pihak termasuk penyedia darigovernor valve, turbin dan generator sedang diupayakan agar proses ini dapat berlangsung dengan lancar.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa PLTP 3 MW Kamojang ini merupakan proyek percontohan yang seluruhnya merupakan hasil rancang bangun para perekayasa BPPT. Hal ini memiliki arti strategis, bila penguasaan teknologi PLTP tidak segera dilakukan oleh SDM dan industri dalam negeri, maka Indonesia hanya akan menjadi pasar saja bagi teknologi asing pungkas Kepala BPPT Unggul Priyanto saat uji coba sinkronisasi akhir Februari 2017 yang lalu.

Unggul menambahkan bahwa keberhasilan pengoperasian pilot plant PLTP 3 MW di Kamojang ini akan menjadi tonggak sejarah dalam proses penguasaan teknologi PLTP nasional di Indonesia karena akan mampu mengembangkan industri dalam negeri, mengoptimalkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) suatu produk komponen PLTP, serta membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja trampil di Indonesia. Deputi TIEM BPPT, Hammam Riza juga menambahkan bahwa PLTP 3 MW Kamojang ini memiliki TKDN sekitar 70 persen, yang tentunya memberikan indikasi tingginya potensi bisnis manufaktur peralatan ketenagalistrikan di Indonesia.(pltp).

spacer

Leave a reply